EFEKTIFITAS MODEL INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI SUHU DAN KALOR DI MAN

Main Article Content

mhd adil Seri Asmaidah Sari Wahyuni Rozi Nasution

Abstract

ABSTRAK


                Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan  model pembelajaran Inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa materi suhu dan kalor  di Kelas XI. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain two group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini  adalah siswa kelas XI yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 60 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 60 siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh: (1) Kemampuan berpikir kritis materi suhu dan kalor kelas XI  sebelum penerapan Model Inkuiri diperoleh nilai rata-rata 44,92 yang berada pada kategori “Cukup”;(2) Kemampuan berpikir kritis siswa materi suhu dan kalor kelas XI  sesudah menerapkan Model Inkuiri diperoleh nilai rata-rata 80,76 yang berada pada kategori  “Baik”. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa nilai n-gain = 0,7 dengan kategpri tinggi . Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Terdapat efektifitas  antara model Inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa materi suhu dan kalor di kelas XI MAN Sipiro tahun peajaran 2018/2019.


 


Kata-kata kunci: Model Inkuiri, Kemampuan berpikir kritis.

Article Details

Section
Articles