PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA PADA MATERI LEMBAGA JASA KEUANGAN PERBANKAN DI KELAS X SMA NEGERI 1 ANGKOLA SELATAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa ekonomi pada materi lembaga jasa keuangan perbankan di kelas X IPS SMA Negeri 1 Angkola Selatan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling atau sampel acak. Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Analisis data dengan analisis data deskriptif dan analisis ststistik inferensial. Berdasarkan analisis nilai rata-rata strategi pembelajaran kontekstual sebesar 3 berada pada kategorin “Baik”. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa ekonomi pada materi lembaga jasa keuangan perbankan di kelas X IPS SMA Negeri 1 Angkola Selatan sebelum menggunakan strategi pembelajaran kontekstual yaitu 53,24 berada pada kategori “Kurang” dan hasil belajar ekonomi sesudah menggunakan strategi pembelajaran kontekstual yaitu 76,70 berada pada kategori “baik”. Berdasarkan hasil Output Softwere SPSS 25. Berdasarkan hasil output SPSS 25.tabel model summary diperoleh indeks koelasi 0,989dengan nilai signifikan 0,000. Sementara taraf signifikan yang di tetapkan adalah 5% atau 0,05. Maka dapat diketahui bahwa nilai signifikan lebih kecil dari α (0,000 < 0,05). Kemudian uji tnilai = 38,524 bila di bandingkan dengan pada tingkat kepercayaan 95% dan kesalahan 5% dengan derajat kebebasan (dk) = 34-2 = 32. dengan derajat kesalahan 5% sedangkan pengujian dilakukan dengan menggunakan uji coefficients dan di dapat uji t sebesar 38,524, yang berarti bahwa Ha di terima dan Ho di tolak (signifikan di bawah atau sama dengan 0,005 maka Ha di terima). dengan demikian, hipotesis yang di ajukan diterima atau di setujui kebenarannya. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa ekonomi pada materi lembaga jasa keuangan perbankan di kelas X IPS SMA Negeri 1 Angkola Selatan .
Kata Kunci: kontekstual, Hasil Belajar Siswa, Ekonomi Materi lembaga jasa keuangan perbankan
Abstract
This study aims to know whether there is a significant influence of using contextual learning strategy on students’ economic achievement on the topic banking financial service institutions at the tenth grade students of SMA Negeri 1 Angkola. The research was conducted by applying experimental method (one group pretest post test design) with 34 students as the sample and they were taken by using random sampling technique from 66 students. Observation and test were used in collecting the data. Based on descriptive analysis, it could be found (a) the average of contextual learning strategy was 3.00 (good category) and (b) the average of students’ banking financial service institutions before using contextual learning strategy was 53.24 (fair category) and after using contextual learning strategy was 76.70 (good category). Furthermore, based on inferential statistic by using pair sample ttest, the result showed the significant value was less than 0.05 (0.000<0.05). It means, there is a significant influence of using contextual learning strategy on students’ economic achievement on the topic banking financial service institutions at the tenth grade students of SMA Negeri 1 Angkola.
Keywords: contextual, students’ economic achievement, banking financial service institutions