PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL PADA MATERI MASALAH EKONOMI DALAM SISTEM EKONOMI DI KELAS X-OTKP SMK NEGERI 1 FANAYAMA (Studi Kasus pada SMK Negeri 1 Fanayama)

  • Ikut Tuhan Sarumaha Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
Keywords: Model PBL, Masalah Ekonomi, Sistem Ekonomi.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas, minat dan hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri 1 Fanayama pada mata pelajaran ekonomi setelah mengikuti pembelajaran dengan model PBL. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan. Penelitian ini dilakukan di kelas X OTKP SMK Negeri 1 Fanayama. Teknik pengumpulan data menggunakan teknis tes, observasi, dan angket, sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Teknik tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa, observasi dilakukan guna mengetahui aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran, dan angket digunakan untuk mengukur minat belajar siswa selama mengikuti pembelajaran dengan model PBL. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar, minat belajar dan aktivitas belajar dari kondisi awal hingga ke siklus II. Peningkatan hasil belajar yang didapat pada siklus II telah mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan yakni hasil belajar pada siklus II sebesar meningkat menjadi 100% dari siklus I yakni 89%, sedangkan minat belajar siswa siklus I sebesar 89% meningkat menjadi 11 % pada siklus II dan aktivitas belajar siswa sebesar 100% pada siklus I meningkat menjadi 11% pada siklus II. Peningkatan tersebut menunjukkan keberhasilan penerapan model pembelajaran PBL, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peningkatan aktivitas, minat, dan hasil belajar ekonomi siswa melalui model pembelajaran PBL telah berhasil dilakukan.

Published
2024-02-20