MELALUI MEDIA GAMBAR MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN PADA SISWA KELAS IV SD INPRES II WAIKOMO
Abstract
Berdasarkan pengamatan peneliti di kelas IV SD Inpres II Waikomo, ditemukan keterampilan menulis karangan siswa kurang bagus, hal ini disebabkan karena kurangnya minat siswa untuk menulis khususnya menulis karangan, ini dikarenakan kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran menulis. Untuk itu tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SD Inpres II Waikomo. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, yang dilakukan secara kolaboratif. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan catatan-catatan setiap tindakan perbaikan pada setiap siklus. Sumber data adalah proses pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media gambar. Hasil penelitian dari setiap pertemuan yang dilaksanakan dalam penelitian ini terlihat peningkatan kemampuan menulis siswa dari penilaian yang dilakukan. Penilaian pembelajaran dilakukan dengan menggunakan penilaian proses dan hasil saat siswa menulis karangan deskripsi. Dari penilaian proses, terlihat peningkatan keaktifan, keberanian mengeluarkan ide, dan ketelitian dalam menulis. Sedangkan dari penilaian hasil terlihat peningkatan kemampuan siswa dalam menentukan ide, pemilihan tema, sudut pandang, alur, gaya bahasa, dan kesesuain ide dengan gambar. Dari penilaian hasil terlihat peningkatan dari siklus I ke siklus II hal itu dapat dilihat dari nilai rata-rata ketuntasan yang diperoleh siswa pada siklus I sebesar 60,5% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 80,9%.