MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN METODE DISKUSI, TANYA JAWAB DAN PEMBERIAN TUGAS DI KELAS V SD NEGERI 30 HALMAHERA SELATAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode Diskusi, Tanya Jawab dan Pemberian Tugas. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan selama 3 (tiga) siklus, setiap siklus terdiri dari 4 (empat) tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan Refleksi/evaluasi. Instrument penelitian menggunakan lembar pengamatan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode Latihan dan tes objektif dalam bentuk essy tes. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 30 Halmahera Selatan. dengan jumlah siswa 28 orang. Penentuan subjek diperoleh berdasarkan hasil observasi terhadap kelas yang akan diteliti dan berdasarkan hasil rujukan dari kepala sekolah. Hasil penelitian ini diperoleh nilai pada saat prasiklus sebesar 67,67, pada siklus I meningkat menjadi 71,60 dan kemudian pada hasil tes siklus II menjadi 74,77, setelah dilakukan tindakan pada siklus I. Tingkat ketuntasan hasil belajar pada prasiklus mencapai 53,57 %, tingkat ketercapaian hasil belajar pada siklus I mencapai 71,42 %, dan ketercapaian hasil belajar pada siklus II menjadi 89,28 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Diskusi, Tanya Jawab, Pemberian Tugas dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia pada kelas V SD Negeri 30 Halmahera Selatan.