MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MEDIA GAMBAR DI KELAS V SD NEGERI 250 HALMAHERA SELATAN

  • SEHAT AHMAD SD NEGERI 250 HALMAHERA SELATAN
Keywords: Media Gambar, Hasil Belajar, IPA

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 250 Halmahera Selatan Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar IPA. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 250 Halmahera Selatan kabupaten padang lawas, subjek penelitian adalah siswa kelas V dengan jumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan tes observasi. Tes yang digunakan ialah uraian. Hasil belajar siswa pada siklus 1 saat diterapkannya media gambar diperoleh rata-rata 72.0 dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa 85% setelah guru melakukan refleksi dan memperbaiki beberapa kekurangan sehingga hasil belajar siswa pada siklus 2 mengalami peningkatan yaitu, nilai rata-rata 81.0 dengan persentase ketuntasa belajar siswa sebesar 100% jumlah siswa telah mencapai standar ketuntasan belajar.  Disimpulkan bahwa penerapan media gambar  pada mata pelajaran IPA dikelas V SD Negeri  250 Halmahera Selatan tahun pembelajaran 2021/2022 meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini berarti bahwa alternatif dalam pembelajaran IPA.

Published
2022-08-20