PENERAPAN METODE DISKUSI DAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI WULANDONI LEMBATA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika dengan menggunakan Metode Diskusi dan Alat Peraga. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan sebanyak 2 (dua) siklus, setiap siklus terdiri dari 4 (empat) tahap yaitu perencanaan, tindakan observasi, dan refleksi/evaluasi. Instrument penelitian menggunakan lembar pengamatan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan Metode Diskusi dan Alat Peraga. dan tes objektif dalam bentuk essay tes. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IV SD Negeri Wulandoni Lembata dengan jumlah siswa 30 orang. Penentuan subjek diperoleh berdasarkan hasil observasi terhadap kelas yang akan diteliti dan berdasarkan hasil rujukan dari kepala sekolah. Hasil penelitian ini diperoleh nilai rata-rata pada saat prasiklus sebesar 40, pada siklus I meningkat menjadi 60,0 dan kemudian pada hasil tes siklus II menjadi 70, setelah dilakukan tindakan pada siklus I. Tingkat ketuntasan hasil belajar 90 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Alat Peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Matematika pada kelas IV SDN Wulandoni Lembata