UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) PADA SISWA KELAS V SD INPRES KWAMKI 2 TIMIKA
Abstract
Penelitian ini berawal dari permasalahandalam pembelajaran PKn di kelas V SD Inpres Kwamki 2 Timikadimanasebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran PKn, sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa pun rendah. Oleh karena itu, untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn diterapkan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) pada siswa kelas V SD Inpres Kwamki 2 Timika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V SD Inpres Kwamki 2 Timika. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua kali siklus dan setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Hasil penelitian dari setiap siklus yang telah dilaksanakan dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) menunjukkan adanya peningkatan baik proses pembelajaran maupun hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian siswa dalam pembelajaran, dimana pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa baru mencapai ketuntasan 56% dengan nilai rata-rata siswa 69,2. Sedangkan pada siklus II menunjukkan peningkatan yang cukup tinggi dengan nilai rata-rata siswa 80,2 dan ketuntasan 84%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB)dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn di kelas V SD Inpres Kwamki 2 Timika.