MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPEPAIR CHECK DI KELAS VI SD INPRES TIMIKA 1

  • NEERA NUSA SD Inpres Timika 1
Keywords: Hasil Belajar, Matematika, Cooperative Learning Tipe Pair Chek

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan dalam pembelajaran Matematika di kelas VI SD Inpres Timika 1dimana sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran matematika, sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa pun rendah. Oleh karena itu, untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika diterapkan Model CooperativeLearning Tipe Pair Checkpada siswa kelas VI SD Inpres Timika 1.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VI SD Inpres Timika 1 dengan jumlah siswa 24 orang. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua kali siklus dan setiap siklusterdiri dari satu kali pertemuan.

Hasil penelitian dari setiap siklus yang telah dilaksanakan dengan menggunakan Model CooperativeLearning Tipe Pair Check menunjukkan adanya peningkatan baik proses pembelajaran maupun hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian siswa dalam pembelajaran, dimana pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa baru mencapai ketuntasan 70,8 % dengan nilai rata-rata siswa 68,75, sedangkan pada siklus II menunjukkan peningkatan yang cukup tinggi dengan ketuntasan mencapai 87,5% dan nilai rata-rata siswa 82. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model CooperativeLearning Tipe Pair Check dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika di kelas VI SD Inpres Timika 1.

Published
2022-08-20