PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER KEBANGSAAN DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMAN 7 PADANGSIDIMPUAN

  • Rima Yanti Hasibuan IPTS
  • Erwin Siregar Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Ulfah Nury
Keywords: Karakter , Nilai Kebangsaan, Pembelajaran Sejarah.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana penerapan pendidikan karakter kebangsaan dalam pembelajaran Sejarah dilihat dari penerapan pada nilai karakter kebangsaan yang tercantum dalam RPP yang dibuat oleh guru yaitu nilai Toleransi, Demokrasi, Cinta Tanah Air, Semangat Kebangsaan, Cinta Damai, materi, metode, media yang digunakan, kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan pendidikan karakter kebangsaan dalam pembelajaran Sejarah dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang dihadapi dalam penerapan pendidikan karakter kebangsaan dalam pembelajaran Sejarah di SMAN 7 Pdangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pemilihan informan dilakukan dengan tekhnik Purposive Sampling. Jenis datanya data primer dan data sekunder yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, interpretasi data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil temuan dilapangan menunjukkan bahwa secara umum penerapan pendidikan karakter kebangsaan dalam pembelajaran Sejarah sudah ada diterpkan guru da siswa di sekolah, meskipun begitu sejauh ini belum dapat dikatakan baik, karena masih banyak terdapat kekurangan baik itu dari segi materinya, yang mana pada waktu PBM berlangsung guru Sejarah masih menggunakan buku teks yang masih terbatas sebagai sumber materi. Media pembelajaran yang digunakan hanya papan tulis. Metode pembelajarannya masih sering menggunakan ceramah, sehingga sistem pembelajaran seperti ini membuat siswa cepat bosan, mudah jenuh, mengantuk, kurang termotivasi serta siswa kurang tertarik dan sulit untuk memahami dan menerapkan pendidikan karakter kebangsaan dalam pembelajaran Sejarah sehingga menyebabkan terganggu nya kecerdasan emosi siswa.

Published
2023-08-19