LEARNING TIPE STRUCTURED NUMBERED HEADS (SNH) PADA SISWA KELAS IX.2 SMP NEGERI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE SMP 1 BATANG ANGKOLA SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2019/2020

  • Nursawian . SMP Negeri 1 Batang Angkola
Keywords: Structured Numbered Heads, Matematika, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IX.2 SMP Negeri 1 Batang Angkola yang berjumlah 25 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua kali siklus dan setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Hasil penelitian dari setiap siklus pembelajaran matematika yang telah dilaksanakan dengan menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Structured Numbered Heads (SNH) menunjukkan adanya peningkatan baik proses pembelajaran maupun hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian siswa dalam pembelajaran, dimana pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa baru mencapai ketuntasan 60% dengan nilai rata-rata siswa 68,48. Sedangkan pada siklus II menunjukkan peningkatan yang cukup tinggi dengan nilai rata-rata siswa 80 dan ketuntasan 84%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Structured Numbered Heads (SNH) berhasil meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika di kelas IX.2 SMP Negeri 1 Batang Angkola.

Published
2021-06-30