UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) DI KELAS VIII.2 SMP NEGERI 1 BATANG ANGKOLA SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2019/2020
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Batang Angkola dengan subjek penelitian adalah kelas VIII.2 yang berjumlah 30 orang siswa. Pengumpulan data dilaksanakan dengan tes, pengamatan atau lembaran observasi serta instrumen-instrumen lain penunjang penelitian. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua kali siklus dan setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian dari setiap siklus yang telah dilaksanakan dengan menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Course Review Horay (CRH) dalam pembelajaran IPA di kelas VIII.2 SMP Negeri 1 Batang Angkola menunjukkan adanya peningkatan baik proses pembelajaran maupun hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian hasil belajar siswa (aspek kognitif, afektif, dan psikomotor), dimana pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa baru mencapai ketuntasan klasikal 70% dengan nilai rata-rata siswa 69, sedangkan pada siklus II menunjukkan peningkatan yang cukup tinggi dengan nilai rata-rata siswa 80 dan ketuntasan 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Course Review Horay (CRH) mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas VIII.2 SMP Negeri 1 Batang Angkola.