UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN METODE SUMBANG SARAN PADA SISWA KELAS IX.2 SMP NEGERI 1 BATANG ANGKOLA SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2019/2020

  • Herajojor Saragi SMP NEGERI 1 BATANG ANGKOLA
Keywords: Sumbang Saran, IPS, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IX.1 1 Batang Angkola yang berjumlah 28 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa catatan lapangan, lembar observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua kali siklus dan setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan.Hasil penelitian dari setiap siklus pembelajaran IPS yang telah dilaksanakan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok di kelas IX.1 1 Batang Angkola, menunjukkan adanya peningkatan baik proses pembelajaran maupun hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian siswa dalam pembelajaran, dimana pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa baru mencapai mencapai mencapai ketuntasan 60% dengan nilai rata-rata siswa 68.48, sedangkan pada siklus II menunjukkan peningkatan yang cukup tinggi dengan nilai rata-rata siswa 80 dengan ketuntasan mencapai 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IX.1 1 Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan.

Published
2021-06-30