UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DUA TINGGAL DUA TAMU PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 100316 PARGARUTAN JULU KECAMATAN ANGKOLA TIMUR SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2019/2020

  • Dahlia S.Pd -

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas II SD Negeri 100316 Pargarutan Julu Kecamatan Angkola Timur yang berjumlah 24 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua kali siklus dan setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Hasil penelitian dari setiap siklus pembelajaran IPA yang telah dilaksanakan di kelas II SD Negeri 100316 Pargarutan Julu Kecamatan Angkola Timur menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Dua Tinggal-Dua Tamu menunjukkan adanya peningkatan baik proses pembelajaran maupun hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian siswa dalam pembelajaran, dimana pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa baru mencapai ketuntasan 54% dengan nilai rata-rata siswa 69,2. Sedangkan pada siklus II menunjukkan peningkatan yang cukup tinggi dengan nilai rata-rata siswa 80,2 dan ketuntasan 83%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Dua Tinggal-Dua Tamu berhasil meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas II SD Negeri 100316 Pargarutan Julu Kecamatan Angkola Timur.

Published
2021-06-30