IMPLEMENTASI EVALUASI PEMBELAJARAN SEJARAH PASCA PANDEMI DI SMA NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN

  • Deka Maita Sandi Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Ali Yusron STAIN Mandailing Natal
Keywords: Evaluasi, Pembelajaran Sejarah, Pasca Pandemi

Abstract

Penelitian ini mengkaji pelaksanaan evaluasi pembelajaran sejarah dalam pembelajaran tatap muka pasca pandemi covid-19 di SMA Negeri 2 Padangsidimpuan. Penelitian bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan evaluasi, faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan evaluasi, serta upaya meningkatkan pelaksanaan evaluasi. Penelitian mengadopsi pendekatan kualitatif berbasis metode deskriptif. Sumber data dihimpun dari sumber primer dan sekunder. Pengumpulan data berorientasi pada teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisa melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, sedangkan uji keabsahan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian memperlihatkan evaluasi pembelajaran sejarah pasca pembelajaran daring dilaksanakan mengacu pada prosedur evaluasi pembelajaran meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, dan pengolahan, pelaporan, maupun pemanfaatan hasil evaluasi. Faktor pendukung pelaksanaan evaluasi pembelajaran meliputi kompetensi guru, kondisi intern siswa, dan ketersedian sumber belajar, sedangkan faktor penghambat terkait jumlah kelas dan siswa, keterbatasan alokasi waktu, dan kepedulian orangtua. Upaya meningkatkan efektivitas pelaksanaan evaluasi pembelajaran dilakukan dengan membangun sinergi guru dan orangtua siswa, pengembangan asesmen alternatif, dan dukungan kepala sekolah

Published
2023-02-10