PENGARUH KESIAPAN BELAJAR DAN PENGULANGAN MATERI PELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARANEKONOMI SISWA KELAS X IPS SMANEGERI 1 BATANG ANGKOLA

  • ERLINA SARI Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
Keywords: Kesiapan Belajar, Pengulangan, Ekonomi, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah ada pengaruh pengaruh yang signifikan antara kesiapan belajar dan kesiapan belajar serta pengulangan materi  pelajaran secara simultan dan parsial terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS Negeri 1 Batang Angkola. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskirptive. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana dan berganda dengan Help SPSS versi 26.00. Hasil penelitian yang diperoleh membuktikan bahwa t hitung diperoleh 2,635 > t tabel 2,039  artinya 2,635 > 2,039 dan besarnya nilai signifikansi variabel bebas (kesiapan belajar dan pengulangan materi pelajaran) pada uji t adalah 0,001 atau < 0,05. Kesiapan belajar dan pengulangan materi pelajaran adalah prinsip belajar yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Dengan kesiapan belajar yang baik dan diikuti dengan materi yang berulang setiap harinya akan menghasilkan hasil belajar yang baik. Sehingga semakin baik kesiapan belajar siswa dan semakin sering siswa mengulang materi pelajaran, maka semakin tinggi capaian pembelajaran yang dicapai.

Published
2023-03-10