PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 4 PADANGSIDIMPUAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 4 Padangsidimpuan dengan menerapkan model pembelajaran student facilitator and explaining. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yakni penelitian yang terdiri dari 2 siklus dimana tiap siklus terdiri dari empat langkah yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instumen yang digunakan dalam Pengumpulan data yaitu lembar observasi kegiatan guru dan lembar tes ulangan harian. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 4 Padangsidimpuan sebanyak 38 siswa. Dari hasil penelitian diketahui bahwa dengan menerapkan model pembelajaran student facilitator and explaining, siswa yang mencapai KKM dari 62,78% pada siklus I menjadi 96,11% pada siklus II. Berdasarkan analisa data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran student facilitator and explaining kualitas pembelajaran pada mata pelajaran Biologi di kelas X SMA Negeri 4 Padangsidimpuan meningkat. Adapun besar peningkatan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 4 Padangsidimpuan pada pembelajaran biologi menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining sebesar 33,33%. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 4 Padangsidimpuan dengan menerapkan model pembelajaran student facilitator and explaining