Implementasi Pembelajaran Berbasis Inkuiri pada mata pelajaran PKN Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Batang Angkola
Abstract
Pembelajaran merupakan salah satu faktor yang sangat mendukung dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI SMA Negeri 1 Batang Angkola. Guru sebagai pendidik harus menyadari bahwa kemajuan pendidikan tergantung pada kemampuan guru.Sebagaimana hasil penelitian ini , agar peserta didik lebih mudah memahami arti Budaya Politik dan hasil belajar peserta didik menjadi lebih baik Implementasi berbasis inquiri dalam materi pembelajaran Budaya Politrik untuk siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batang Angkola dilakukan dalam 2 (dua) siklus dengan tanpa hambatan berarti.Dalam meningkatkan pemahaman Pelajaran dengan penerapan pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan belajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas XI SMA Negeri 1 Batang Angkola Tahun Pelajaran 2018/2019. Tingkat pemahaman siklus I sebesar 65,25 % menjadi 91,5 % pada siklus II, atau mengalami peningkatan sebesar 26,25% berdasarkan analisa,maka dapat disimpulkann terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model pembelajaran Inquiri dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas XI SMA Negeri 1 Batang Angkola Tahun Pelajaran 2018/2019.