Etika Publikasi Jurnal PhysEdu (Physics Education)
Jurnal PhysEdu (Physics Education) merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian dosen, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan di program studi pendidikan fisika. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Program Studi Pendidikan Fisika. Jurnal PhysEdu (Physics Education) mewadahi hasil pemikiran dan penelitian dalam peningkatan dan pengembangan dosen secara berkesinambungan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas di lingkungan program studi pendidikan fisika. Selain itu, dapat meningkatkan pengetahuan dan keilmuan. Jurnal PhysEdu (Physics Education) berpegang teguh pada etika publikasi yang baku bagi semua pihak yang terlibat dalam publikasi karya ilmiah, antara lain:  penulis, , mitra bebestari /peer reviewer, penyunting/ editor, dan penerbit.

 Penulis

Artikel yang dikirimkan penulis adalah Artikel yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya, dan merupakan karya asli dari mahasiswa dan dosen yang belum pernah diterbitkan di jurnal lain. Selain itu Artikel yang dikirimkan harus lolos Cek Plagiarisme minimal 20 % dari Pihak Jurnal PhysEdu (Physics Education), jika terdapat hasil cek plagiarisme melebihi dari ketetapan maka pihak Jurnal PhysEdu akan mengembalikan artikel kepada penulis, Penulis juga berkewajiban memberikan data penelitian yang valid dan dapat dipercaya.  Penulis juga berkewajiban mencantumkan daftar pustaka yang valid dan akurat di dalam artikelnya, baik yang bersumber dari buku, jurnal, internet atau hasil wawancara, penulis menemukan dan menyadari adanya kekeliruan atau kesalahan  dalam artikelnya, mereka wajib memberitahukannya kepada editor atau penerbit, agar dapat menarik atau memperbaiki artikel dimaksud. Penulisan artikel ini harus sesuai dengan template yang telah ditetap oleh tim editor.

 Mitra Bebestari/Peer Reviewers

Mitra Bebestari/Peer Reviewers yang ditunjuk untuk mereview artikel dalam jurnal PhysEdu adalah orang yang berkompeten pada bidangnya. Sehingga mereka dapat memberikan masukan dan saran terhadap kualitas artikel yang akan diterbitkan. artikel yang sedang mengalami proses penyuntingan hingga akhir (artikel yang diterima atau ditolak) mesti dijaga kerahasiaannya. Proses penyuntingan hendaknya dilakukan seobjektif mungkin dengan memberikan alasan yang masuk akal, dan tidak mengkritik penulis secara personal.

 

 Penyunting/Editor

Para penyunting  bertanggungjawab menerima naskah yang dikirim oleh para penulis.  Dalam proses penyuntingan naskah,  para penyunting dalam melakukan penilaian harus tetap mengedepankan bobot ilmiah artikel yang diperiksa, dengan mengenyampingkan ras, jenis kelamin, etnis, agama, kewarganegaraan, dan pandangan politik para penulis.  Para penyunting tidak diperkenankan merahasiakan informasi perihal artikel yang dimaksud, kecuali kepada para penulis, mitra bebestari, dan penerbit.  Jika naskah yang diterima kurang layak diterbitkan, para penyunting mesti tetap menjaga kerahasiaan naskah tersebut, agar tidak dimanfaatkan oleh orang lain, kecuali mendapat ijin dari para penulisnya.

 

 Penerbit

Sebagai penerbit Jurnal PhysEdu (Physics Education), Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, selalu mendorong para penyunting untuk mematuhi tatacara penulisan artikel ilmiah yang umum dianut.  Penerbit bekerja sama dengan para penyunting bertugas selalu menjaga kualitas jurnal dan mengeluarkan kebijakan yang mendorong  perngembangan jurnal ke arah yang lebih baik.  Penerbit akan selalu memastikan bahwa kebijakan penyunting untuk mempublikasikan atau menolak suatu artikel, berdasarkan atas saran para mitra bebestari, dan tidak dipengaruhi oleh kepentingan yang sifatnya komersial.