EFEKTIFITAS MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR FISIKA DI SMA
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan model pembelajaran Problem Based Instruction ( PBI) terhadap hasil belajar siswa materi gerak lurus di Kelas X SMA. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain two group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 83 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik randomsampling, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA1 sebagai kelas Eksperimen dan kelas X IPA2 sebagai kelas Kontrol yang berjumlah56siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh: (1) penggunaan model pembelajaran PBI terhadap hasil belajar siswa materi Gerak Lurus di Kelas X SMA menggunakan observasi dengan nilai persentase rata-ratasebesar 81,06 %berada pada kategori “Baik Sekali”; (2) Penggunaan model PBI efektif terhadap kreativitas belajar fisika materi Gerak Lurus di kelas X SMA. Hal ini dapat dibuktikan dengan membandingkan hasil uji signifikan dimana thitungttabel(81,30), dengan Hipotesis alternatif ( diterima dan ditolak.
Kata-kata kunci:Problem Based Instruction ( PBI ) dan kreativitas belajar fisika