EFEKTIFITAS MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR FISIKA DI SMA

Main Article Content

nur aini waruwu sari Wahyuni Rozi Nasution

Abstract

ABSTRAK


   Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan model pembelajaran Problem Based Instruction ( PBI) terhadap hasil belajar siswa materi gerak lurus di Kelas X SMA. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain two group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini  adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 83 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik randomsampling, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA1 sebagai kelas Eksperimen dan kelas X IPA2 sebagai kelas Kontrol yang berjumlah56siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh: (1) penggunaan model pembelajaran PBI terhadap hasil belajar siswa materi Gerak Lurus di Kelas X SMA menggunakan observasi dengan nilai persentase rata-ratasebesar 81,06 %berada pada kategori “Baik Sekali”; (2) Penggunaan  model PBI efektif terhadap kreativitas belajar fisika materi Gerak Lurus di kelas X SMA. Hal ini dapat dibuktikan dengan membandingkan hasil uji signifikan dimana thitungttabel(81,30), dengan Hipotesis alternatif ( diterima dan ditolak.


 


Kata-kata kunci:Problem Based Instruction ( PBI ) dan kreativitas belajar fisika

Article Details

Section
Articles