EFEK MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI GERAK LURUS

Main Article Content

berlian hasibuan Dwi Aninditya Siregar Mutiara .

Abstract

ABSTRAK


                Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa materi gerak lurus di Kelas X SMA. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain two group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini  adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 70 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 44 siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh: (1) Hasil belajar siswa materi gerak lurus kelas X  sebelum penerapan Model Problem Based Learnig (PBL) diperoleh nilai rata-rata 49,3 yang berada pada kategoriCukup;(2) Hasil belajar siswa materi gerak lurus kelas X  sesudah menerapkan Model Problem Based Learnig (PBL) diperoleh nilai rata-rata 84,09 yang berada pada kategori  “Baik. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa thitung lebih besar dari ttabel (12,62 > 1,7). Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Terdapat efek antara model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi gerak lurus di kelas X SMA.


 


Kata kunci: model Problem Based Learning (PBL), Gerak lurus, Hasil Belajar Fisika.

Article Details

Section
Articles