PENERAPAN MODEL INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA MATERI VEKTOR DIKELAS X

Main Article Content

rini fuzi astuti Dwi Aninditya Siregar Lukman Hakim Siregar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar fisika pada materi vektor di Kelas X. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain two group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini  adalah seluruh siswa kelas X dengan jumlah 110 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah  2 kelas yaitu kelas XIPA1 dan  X IPA2yang berjumlah 60 siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh: (1) Hasil belajar siswa materi vektor  kelas X  sebelum menerapkan Model pembelajaran inquiry training diperoleh nilai rata-rata 60,16 yang berada pada kategori “Cukup”;(2) Hasil belajar siswa materi vector  kelas X  sesudah menerapkan Model pembelajaran inquiry trainingdiperoleh nilai rata-rata 88,90 yang berada pada kategori “Sangat Baik”; (3) Terdapat peningkatansebelum dan sesudah penerapanModel pembelajaran inquiry trainingterhadap hasil belajarsiswa materi vektor di kelas X. Hal ini dapat dibuktikan dengan membandingkan hasil uji signifikan dimana thitung ttabel (9,261,71).. Maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima yaitu “Terdapat peningkatan yang signifikan sesudah Penerapan Model pembelajaran inquiry trainingterhadap hasil belajar siswa materi vektor”. Hal ini menunjukkan bahwa pencapaian hasil belajar siswa materi vektor dipengaruhi oleh kemampuan guru dalam Model pembelajaran inquiry training.


 


 


Kata-kata kunci:Pembelajaran Inquiry Training, Dan Vektor.

Article Details

Section
Articles