PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah pengaruh penggunaan
model pembelajaran inkuiri berbantuan E-LK terdapatPD terhadap minat dan hasil belajar peserta didik pada
materi Gelombang Bunyi di SMAN 1 Angkola Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah
kuantitatif dengan metode Quasi Ekperiment. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Angkola
Selatan yang beralamat di Jl.Marpinggan Kel Napa, Kec Angkola Selatan. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh kelas XI MIPA dengan jumlah 65 peserta didik. Adapun metode pengambilan
sampel adalah Purposive sampling yaitu kelas XI MIPA1. Berdasrkan hasil analisis data yang diperoleh:
(1) hasil nilai rata-rata observasi sebesar 83 dengan predikat “Baik”; (2) hasil rata-rata pre-test
sebesar 42 dengan predikat “Gagal” dan hasil rata-rata post-test sebesar 79 predikat “Baik”; (3)
hasil nilai rata-rata angket minat belajar sebsar 73 predikat “Tinggi”; (4) hasil nilai rata-rata angket
respon peserta fifik sebesar 84 dengan predikat “Sangat Baik” (5) Perolehan data uji Paired sample
test nilai signifikansi 0,00 < 0,05 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan, maka hipotesis
yang diajukan peneliti dapat diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
penggunaan model pembelajaran inkuri berbantuan E-LKPD terhadap hasil dan minat belajar
peserta didik SMAN 1 Angkola Selatan.