EFEKTIVITAS MODEL GAME BASED LEARNING BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI ENERGI TERBARUKAN

Main Article Content

Rosmawati Duha Febriani Hastini Nasution Lia Purnama Sari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Game Based Learning (GBL) berbantuan aplikasi Wordwall terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi energi terbarukan di kelas X SMA Negeri 7 Padangsidimpuan. Penelitian menggunakan jenis kuantitatif dengan desain true experimental tipe pretest-posttest control group design. Seluruh populasi penelitian berjumlah 76 siswa kelas X. Sampel diambil secara cluster random sampling, yaitu kelas X-2 sebagai kelas eksperimen (25 siswa) dan X-3 sebagai kelas kontrol (25 siswa). Instrumen penelitian berupa angket, tes dan observasi sebagai penguat pengukuran indiktor berpikir kritis. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh: (1) Penggunaan Games Based Learning berbantuan aplikasi wordwall diperoleh nilai rata-rata angket 84 dengan kategori ”efektif”; (2) Nilai Keterampilan berpikir kritis siswa sebelum penerapan model Game Based Learning berbantuan aplikasi Wordwall di peroleh nilai rata-rata 36 kategori ”D+”. Sedangkan keterampilan berpikir kritis siswa sesudah penerapan model Game Based Learning berbantuan aplikasi Wordwall 85,2 kategori”A”; (3) Dengan hasil uji independent sample t-test menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah perlakuan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Game Based Learning berbantuan aplikasi Wordwall efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi energi terbarukan.

Article Details

Section
Articles