PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PjBL BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Main Article Content

Isti Romadhani Sagala Sari Wahyuni Rozi Nasution Febri Hastini Nasution

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PjBL berbantuan media wordwall terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida statis di kelas XI SMA Negeri  Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan rancangan two group pretest-posttest design. Populasi peneliti adalah seluruh kelas XI SMA Negeri Padangsidimpuan yang berjumlah 277 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling, yaitu kelas XI-1 sebagai kelas eksperimen dan XI-7 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh: (1) Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen, dengan nilai rata-rata pretest sebesar 44,24 kategori “sangat kurang baik” dan rata-rata posttest sebesar 86,67 kategori “sangat baik”. Pada kelas kontrol nilai rata-rata  pretest sebesar 35,81 kategori “sangat kurang baik” dan rata-rata posttest sebesar 77,10 kategori “baik”; (2) Hasil nilai presentase observasi  sebesar 88,67%  kategori “sangat baik”; (3) Hasil nilai rata-rata angket respon siswa 74,92% kategori “baik”; (4) Uji independen menunjukkan signifikansi sebesar 0,00 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelas. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan media wordwall terhadap hasil belajar siswa kelas XI materi fluida statis.

Article Details

Section
Articles