ANALISIS PROBLEMATIKA PROSES PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK PADA MATERILISTRIK DINAMIS

Main Article Content

Anggina Fitria Khairani Febriani Hastini Nasution, S.Pd., M.Pd Sari Wahyuni Rozi Nasution, S.Pd., M.Pd

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis problematika proses pembelajaran   menggunakan media komik pada  materi listrik dinamis di kelas X SMA Negeri 1 Angkola Selatan.Objek dan subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Angkola Selatan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, yaitu penelitian untuk menganalisis problematika proses pembelajaran siswa menggunakan media komik padaa materi listrik dinamis di kelas X SMA Negeri 1 Angkola Selatan. Pengumpulan data menggunakan beberapa metode data yaitu metode observasi, wawancara dan angket. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan bahwa problematika proses pembelajaran siswa pada materi listrik dinamis kelas X SMA Negeri 1 Angkola Selatan didapatkan nilai rata-rata persentase adalah 71% dengan kategori cukup baik, sedangkan hasil angket tentang upaya problematika proses pembelajaran didapatkan nilai rata-rata persentase adalah 83% dengan kategori baik. Serta hasil angket menggunakan media media komik pada materi listrik dinamis didapatkan nilai rata-rata persentase adalah 87% dengan kategori baik.


 


Kata kunci: problematika, komik, dan listrik dinamis


 


 


Abstract


This study aims to analyze the problems of the learning process by using comic media on dynamic electricity material at the tenth grade students of SMA Negeri 1 Angkola Selatan. The object and subject of this study were the tenth grade students of SMA Negeri 1 Angkola Selatan. This type of research is qualitative, namely research to analyze the problems of the student learning process by using comic media on dynamic electricity material the tenth grade students of SMA Negeri 1 Angkola Selatan. Data collection uses several methods, namely observation, interview and questionnaire methods. The results of the data analysis show, the problems of the student learning process on dynamic electricity material the tenth grade students of SMA Negeri 1 Angkola Selatan obtained an average percentage  71% in good category, the results of the questionnaire on efforts to overcome the problems of the learning process obtained an average percentage 83% in good category, and the results of the questionnaire by using comic media on dynamic electricity material obtained an average percentage 87% in good category.


 


Keywords: problems, comics, and dynamic electricity

Article Details

Section
Articles