ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PBL MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK KELAS XI SMA NEGERI 1 ANGKOLA SELATAN T.A 2023/2024
Main Article Content
Abstract
untuk menganalisis penggunaan model pembelajaran PBL dengan menggunakan media animasi dalam meningkatkan hasil belajar pada materi gelombang elektromagnetik Kelas XI SMA Negeri 1 Angkola Selatan tahun ajaran 2023/2024.. Penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 1. Instrumen yang dipergunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan angket. Wawancara melibatkan 3 narasumber yang terdiri dari Bapak Dr. M. Taufik Hidayah, selaku kepala sekolah, Ibu Ramlah Marisa, S.Pd., M.Pd selaku Guru Fisika. di SMA Negeri 1 Angkola Selatan siswa kelas XI IPA 1 dan 2. Hasil penelitian menunjukkan 64% siswa mengalami kesulitan belajar yang mempengaruhi hasil belajarnya. Hal ini disebabkan 3 hal yaitu 47% karena kurangnya sarana dan prasana sekolah, 5% karena faktor keluarga , dan 48% karena pengaruh masyarakat. Disimpulkan bahwa faktor internal sangat mempengaruhi aktivitas belajar siswa.
Kata Kunci: Pembelajaran PBL, media animasi, elektromagnetik
ABSTRACT
This study aims to analyze the use of the PBL learning model by using animation media in improving achievement of electromagnetic wave material at the eleventh grade students of SMA Negeri 1 Angkola Selatan in 2023/2024 academic year. This research is descriptive qualitative. The sample in this study was the eleventh grade students of IPA1. The instruments uses interviews, documentation, and questionnaires. The interview involves 3 sources consist of Mr. Dr. M. Taufik Hidayah, as the principal, Mrs. Ramlah Marisa, S.Pd., M.Pd as a Physics Teacher at SMA Negeri 1 Angkola Selatan students of class XI IPA 1 and 2. The results show that 64% of students experiences learning difficulties that affected their achievement. This case is caused 3 things, namely 47% because lack of school facilities and infrastructure, 5% because family factors, and 48% because community influences. It’s concluded that internal factors greatly influence students' learning activities.
Keywords: PBL learning, animation media, electromagnetics