PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERORIENTASI HOTS (HIGHER ORDER THINGKING SKILL) MATERI FLUIDA STATIS KELAS XI SMA
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengembangkan modul fisika berorientasi HOTS materi fluida statis untuk kelas XI SMA yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D. Uji coba terbatas pada penelitian ini dilaksanakan pada 31 siswa kelas XI IPA 1 di MAN 2 Padangsidimpuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan uji tes dan non tes, uji validasi pada beberapa ahli dan angket respon siswa. Teknis analisis data yang digunakan adalah teknis analisis deskriptif yang mendefenisikan hasil uji coba validitas, praktalitas dan efektivitas.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh: Untuk validitas Media dengan nilai rata-rata persentase sebesar 85% dengan kriteria sangat valid, sedangkan validitas Materi dengan nilai rata-rata persentase sebesar 91% dengan kriteria sangat valid.Untuk Kepraktisan nilai rata-rata persentase angket respon guru diperoleh 95% dengan kriteria sangat praktis sedangkan nilai rata-rata persentase dari angket respon peserta didik adalah 82% dengan kriteria sangat praktis.Untuk keefektifan nilai rata-rata hasil belajar HOTS peserta didik adalah sebesar 86,39 dengan kriteria sangat efektif. Sehingga berdasarkan hasil penelitian tersebut maka modul yang dikembangkan dapat dinyatakan modul yang valid, praktis dan efektif.
Kata Kunci: Pengembangan, Modul Berorientasi HOTS, Fluida Statis.
Abstract
The aim of this research is to develop a HOTS-oriented physics module on statistical fluid material for class XI SMA that is valid, practical and effective. This research uses a 4D development model. The limited trial in this research was carried out on 31 students of class XI IPA 1 at MAN 2 Padangsidimpuan. Data collection techniques were carried out using tests and non-tests, validation tests on several experts and student response questionnaires. The data analysis technique used is descriptive analysis technique which defines the results of validity trials, practicality and Based on the results of data analysis obtained: For Media validity with an average percentage value of 85% with very valid criteria, while Material validity with an average value the percentage was 91% with very valid criteria. For Practicality, the average percentage value for teacher response questionnaires was 95% with very practical criteria, while the average percentage value for student response questionnaires was 82% with very practical criteria. For effectiveness, the average value The average student HOTS learning outcome is 86.39 with very effective criteria. So, based on the results of this research, the module developed can be declared a valid, practical and effective module.
Keywords: Development, HOTS Oriented Module, Static Fluid.