PENGARUH PENGGUNAAN LKPD MODEL PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI STEAM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA
Main Article Content
Abstract
LKPD model project based learning yang diintegrasikan dengan langkah pembelajaran STEAM merupakan alat pedagogis pendidikan yang bisa dimanfaatkan sebagai fasilitas pendukung kegiatan pembelajaran di kelas baik bagi siswa maupun guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKPD model project based learning terintegrasi STEAM terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi gejala pemanasan global kelas X MIPA di SMAN 1 Tukka. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan design two group pretest posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA di SMAN 1 tukka. Teknik pengambilan sampel dengan cluster random sampling sebanyak 56 peserta didik yang terdiri dari 28 siswa kelas X MIPA4 (kelas eksperimen) dan 28 siswa kelas X MIPA2 (kelas kontrol). Pengumpulan data menggunakan observasi, tes kemampuan berpikir kreatif siswa dan angket respon siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil: 1)nilai test kemampuan berpikir kreatif siswa materi pemanasan global pretest 64,18 kategori “kurang” dan nilai rata-rata posttest 83,25 dengan kategori “baik”. Dengan nilai indikator keterampilan berpikir lancar (fluency) 93,57 kategori “sangat baik”; keterampilan berpikir luwes (flexibility) 83,8 kategori “baik”; keterampilan berpikir original (originality) 75 kategori (cukup) dan keterampilan memerinci (elaboration) 80,35 kategori “baik”. 2)Lembar observasi guru dengam nilai persentase 83% dengan kategori “baik”. 3)Angket respon siswa yang memiliki nilai rata- rata sampai pada 95,6 kategori “sangat baik”. 4)Berdasarkan statistik inferensial dengan menggunakkan paired sampel t-test (SPSS Versi 29.0) diperoleh nilai signifikannya sebesar 0,002 < 0,005. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh signifikan dari Penggunaan LKPD Model Project based Learning Terintegrasi STEAM Terhadap Kemampuan Kerpikir Kreatif Siswa.