MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI ALJABAR MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN JOYFUL LEARNING DI SMP NEGERI 4 KOTANOPAN

Main Article Content

Nurhanna Sari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi aljabar menggunakan Strategi pembelajaran Joyful Learning di Kelas VII  SMP Negeri 4 Kotanopan Tahun Pelajaran 2020-2021. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII  SMP Negeri 4 Kotanopan sebanyak 31 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Strategi pembelajaran Joyful Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi aljabar siswa kelas VII  SMP Negeri 4 Kotanopan Tahun Pelajaran 2020-2021. Hasil penelitian pada pra siklus menunjukan nilai rata-rata kelas yang diperoleh sebesar 26,41%, setelah diberikan tindakan pada siklus I dengan menggunakan strategi joyful learning mengalami peningkatan hasil belajar dengan nilai rata-rata kelas sebesar 64,52% dengan siswa yang tuntas sebanyak 24 siswa atau 77,41%. Hasil ini menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan strategi joyful learning, sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi joyful learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Article Details

Section
Articles