MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI ALJABAR MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN JOYFUL LEARNING DI SMP NEGERI 4 KOTANOPAN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi aljabar menggunakan Strategi pembelajaran Joyful Learning di Kelas VII SMP Negeri 4 Kotanopan Tahun Pelajaran 2020-2021. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kotanopan sebanyak 31 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Strategi pembelajaran Joyful Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi aljabar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kotanopan Tahun Pelajaran 2020-2021. Hasil penelitian pada pra siklus menunjukan nilai rata-rata kelas yang diperoleh sebesar 26,41%, setelah diberikan tindakan pada siklus I dengan menggunakan strategi joyful learning mengalami peningkatan hasil belajar dengan nilai rata-rata kelas sebesar 64,52% dengan siswa yang tuntas sebanyak 24 siswa atau 77,41%. Hasil ini menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan strategi joyful learning, sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi joyful learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.