MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PROBLEM POSING DI SMP NEGERI 4 KOTANOPAN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi aljabar menggunakan model pembelajaran Kooperatif Problem Posing di Kelas VIII SMP Negeri 4 Kotanopan Tahun Pelajaran 2019-2021. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kotanopan sebanyak 21 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Problem Posing dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kotanopan Tahun Pelajaran 2019-2020. Hal ini didukung dengan Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata siswa pada Siklus I sebesar 61,48 dari skor tertinggi yang mungkin dicapai 100 dan standar deviasi 14,36. Siklus II diperoleh skor rata-rata sebesar 72,14 dari skor tertinggi yang mungkin dicapai 100 dan standar deviasi 14,10.