MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII- 3 DI SMP NEGERI 5 PADANGSIDIMPUAN

Main Article Content

Imelda Rosa

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas VII- 3 di SMP negeri 5 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII-3 Semester 1 (ganjil) di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan pada tahun pelajaran 2021/2022. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII- 3 dengan jumlah 30 orang, yang terdiri atas 18 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada materi Aritmatika Sosial, dengan implementasi model pembelajaran Kontekstual yang berlangsung selama 12 kali pertemuan. Analis data penelitian menggunakan teknik analisis data deskriptif. Berdasarkan analisis data penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Implementasi model pembelajaran kontekstual mampu meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa untuk mata pelajaran Matematika di kelas VII - 3 di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan; 2) Di awal penelitian sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan sehubungan dengan mentransfer pengetahuan yang diperolehnya untuk menyelesaikan soal setelah proses belajar mengajar berlangsung, serta bagaimana menyelesaikan soal dengan cermat dan sistematis; 3) Penelitian ini menunjukkan fakta bahwa kurangnya pembiasaan sehubungan dengan menyelesaikan dan mengerjakan soal, membuat siswa gugup dalam menyelesaikan tugasnya; 4) Motivasi maksimal yang diberikan peneliti tampak berpengaruh sangat baik dalam hal menambah semangat dan keyakinan partisan-partisipan tersebut untuk menunjukkan kemampuan terbaik dalam menyelesaikan tugas-tugasnya; 5) Pembiasaan berupa latihan menyelesaikan tugas secara berdiskusi ternyata cukup berpengaruh pada rasa percaya diri siswa untuk menyelesaikan tugasnya; 6) Implementasi model pembelajaran kontekstual memerlukan kerja keras guru untuk membimbing dan mengarahkan siswa untuk mencapai hasil yang maksimal.

Article Details

Section
Articles