PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN MELALUI MODEL LEARNING CONTRACTS PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 HALONGONAN
Main Article Content
Abstract
Metode Learning Contracts merupakan suatu metode pembelajaran dimana setiap siswa diminta untuk
memilih sebuah topik pada pokok bahasan yang akan dipelajari dan membuat kesepakatan sebelum
memulai pembelajaran yang ditandai dengan adanya kontrak antara guru dengan siswa. Penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan di SMA Negeri 1
Halongonan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah model pembelajaran Learning
Contracts dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XII MIA 1 SMA Negeri 1 Halongonan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar melalui model Learning Contracts
tersebut, hasil belajar biologi siswa kelas XII MIA 1 SMA Negeri 1 Halongonan dapat meningkat. Subjek
penelitian adalah siswa kelas XII MIA 1 SMA Negeri 1 Halongonan yang berjumlah 36 orang.
Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan
termasuk tes setiap akhir siklus. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan tes.
Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan statistik deskriptif.Hasil
penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode Learning Contracts terjadi peningkatan
hasil belajar biologi siswa, dimana pada siklus I hasil belajar biologi siswa rata-rata 64,66 dengan
kategori sedang, pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata 73,66 dengan kategori
tinggi. Dengan demikian penerapan pembelajaran Learning Contracts dapat meningkatkan hasil belajar
siswa kelas XII MIA 1 SMA Negeri 1 Halongonan.