PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 2 PADANG BOLAK

Main Article Content

Dewi Primadona

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI SMA dengan menggunakan model pembelajaran PjBL 2) mengetahui besar peningkatan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI SMA dengan model pembelajaran PjBL (3) mengetahui langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran PjBL sehingga dapat meningkatkan hasil belajar fisika. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus masing-masing dalam 4 tahap, yaitu: tahap Perencanaan (Planning), Pelaksanaan Tindakan (Action), Pengamatan (Observation), dan Refleksi (Reflection). Instrumen penelitian divalidasi oleh  ahli dan guru fisika. Soal diujikan  ke  kelas  XI  MIA di  SMA Negeri 2 Padang Bolak untuk diambil data penelitiannya. Data dianalisis dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian adalah 1) penerapan model pembelajaran PjBL pada materi pokok elastisitas dan hukum hooke dapat meningkatkan hasil belajar fisika dan keterampilan proses sains siswa kelas XI SMA Negeri 2 Padang Bolak 2) besar peningkatan hasil belajar fisika rata-rata sebelum tidakan sebesar 54,3; Siklus I nilai gain-test yang didapatkan sebesar 0,33 dengan kategori sedang Pada siklus II nilai gain-test yang didapatkan  sebesar  0,65  dengan  kategori  sedang.  Hal  tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II 3) langkah-langkah model pembelajaran PjBL yang terdiri dari:   pertanyaan   essensial,   perencanaan,   menyusun   jadwal,   pengawasan, penilaian, dan evaluasi.

Article Details

Section
Articles