PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SUHU DAN KALOR

Main Article Content

Arif Rahman Hakim Seri Asmaidah Dedes Asriani Siregar Febriani Hastini Nasution

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan alat peraga terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor di kelas X IPA MAS T.A 2021/2022. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode quasi experimental dengan desain two group pretes-posttest. Populasi dalam penelitian seluruh siswa kelas X terdiri 2 kelas dengan jumlah 63 siswa. Instrumen penelitian tes dan angket, teknik pengambilan sampel yaitu teknik total sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini kelas X IPA1 sebagai kelas kontrol dan kelas X IPA2 sebagai kelas eksperimen terhadap penggunaan model Problem Baesd Learning berbantuan alat peraga. Berdasarkan analisis data diperoleh: (1) Hasil dari angket respon siswa diperoleh nilai rata-rata 84,54 dengan kategori Sangat Baik (A), (2) Hasil belajar siswa kelas kontrol di peroleh nilai pre-test sebesar 34,35 dengan kategori Kurang Baik (D) dan kelas eksperimen sebesar 36,13 dengan kategori Kurang Baik (D+). Sedangkan post-test diperoleh nilai rata-rata di kelas kontrol sebesar 61,12 dengan kategori Baik (B-) dan kelas eksperimen sebesar 76,13 dengan kategori Baik (B+). Hasil rata-rata afektif siswak kelas kontrol sebesar 77,75 dengan kategori  Baik (B+) dan kelas eksperimen sebesar 80,87 dengan kategori Baik (B+). Nilai rata-rata psikomotorik kelas kontrol sebesar 71,37 dengan kategori Baik (B) dan kelas eksperimen sebesar 75,99 dengan kategori Baik (B), (3) Berdasarkan analisis data dengan uji independent sample test nilai signifikan (2-tailed) adalah sebesar 0,00 dimana nilai signifikan 0,00<0,05. Sehingga dismpulkan bahwa “terdapat pengaruh model Problem Based Learning berbantuan alat peraga terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor di kelas X IPA”.

Article Details

Section
Articles