PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN DISCOVERY TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI SUHU DAN KALOR KELAS X SMA NEGERI 1 SIABU

Main Article Content

Ahmad Rusdi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa materi Suhu dan Kalor dengan penerapan strategi pembelajaran Discory terbimbing di  Kelas X SMA Negeri 1 Siabu Tahun Pelajaran 2019-2020. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melakukan 2 (dua) siklus tindakan, yang pada setiap siklus dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis kualitatif. Variabel masalah penelitian ini adalah berupa hasil belajar kognitif fisika peserta didik meliputi indikator mengingat, memahami, mengaplikasikan, dan menganalisis. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 68,70 %. Hasil siklus I masih memerlukan perbaikan sehingga dilakukan siklus lanjutan. Hasil belajar fisika pada siklus II menghasilkan rata-rata ketuntasan sebesar 100% yang menunjukkan ketercapaian indikator dan mengalami peningkatan. Dari siklus I ke siklus II, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar fisika peserta didik kelas X  SMAN 1 Siabu tahun pelajaran 2019/2020 dapat ditingkatkan melalui strategi Discovery terbimbing dengan cara: pendidik memberikan motivasi awal melalui penampilan fenomena sebagai pemicu untuk merumuskan masalah dan menjawabnya dalam bentuk hipotesis. Berdasarkan temuan penelitian tindakan kelas ini, maka disarankan kepada guru fisika untuk menggunakan strategi pembelajaran discovery terbimbing pada setiap pembelajaran yang sesuai karena selain dapat meningkatkan hasil belajar fisika, peserta didik juga akan mendapatkan variasi pembelajaran sehingga mengurangi kejenuhan dan meningkatkan semangat peserta didik dalam proses pembelajaran.

Article Details

Section
Articles