PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 PANYABUNGAN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Kemampuan komunikasi matematika siswa pada materi system koordinat dengan penerapan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) di Kelas VIII SMP Negeri 1 Panyabungan Tahun Ajaran 2019-2020. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII1 SMP Negeri Negeri 1 Panyabungan yang berjumlah 30 orang. Objek penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW). Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan di akhir siklus diberikan tes kemampuan komunikasi matematis. Hasil tes kemampuan komunikasi matematis yang diberikan pada siklus I diperoleh nilai Rata-rata pada siklus I adalah 74,0% dapat dikualifikasikan “cukup”, sedangkan pada siklus II adalah 84,4% dapat dikualifikasikan “Baik”. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII di SMP SMP Negeri 1 Panyabungan.