PENERAPAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDULIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI SMP NEGERI 2 PANYABUNGAN

Main Article Content

Nur Azisah Nasution

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa  pada materi Teorema Pythagoras dengan penerapan model pembelajaran Team Assisted Individuazation (TAI) di SMP Negeri 2 Panyabungan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan presentase dari penilaian hasil belajar, sikap dan aktivitas       peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 25 siswa sebagai subjek. Instrumen penelitian adalah tes, angket, dan observasi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama menunjukkan (a) tes menunjukkan prestasi siswa pada materi Teorema Pythagoras adalah 75,9, (b) lembar observasi menunjukkan rata-rata aktivitas siswa adalah 58,13, dan (c) pengamatan guru kelas menunjukkan kemampuan peneliti dalam menggunakan model Team Assisted Individuazation adalah 100. Selanjutnya, siklus kedua menunjukkan (a) tes menunjukkan prestasi siswa pada materi Teorema Pythagoras adalah 84,60, (b) lembar observasi menunjukkan rata-rata kegiatan siswa adalah 80,27, dan (c) pengamatan guru kelas menunjukkan kemampuan peneliti dalam menggunakan model Team Assisted Individuazation adalah 100. Disimpulkan bahwa model Team Assisted Individuazation mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui penggunaan model Team Assisted Individuazation pada materi teorema Pythagoras di kelas VIII siswa SMP Negeri 2 Panyabungan

Article Details

Section
Articles