EFEKTIFITAS PENDEKATAN OPEN ENDEDTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI BESARAN DAN SATUAN DI KELAS X SMA

Main Article Content

destina nasution Sari Wahyuni Rozi Nasution Mutiara Siagian

Abstract

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pendekatan open ended terhadap hasil belajar siswa materi besaran dan satuan di Kelas X SMA. Jenis penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain two group pre-test post-test Desing. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA  yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 63 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik randam sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan analisis data diperoleh: Penggunaan Pendekatan Open ended  menggunakan observasi dengan nilai persentase rata-rata sebesar 87,07% berada pada kategori “Sangat Baik”; Hasil belajar siswa menggunakan  tes soal dengan nilai persentase sebesar 80,00% berada pada kategori “Baik” pada kelas eksperimen dan persentase sebesar 47,50% berada pada kategori “Kurang” pada kelas kontrol.; dan Penggunaan pendekatan open ended efektif terhadap hasil belajar siswa dibuktikan dengan membandingkan hasil uji signifikan dimana thitung < ttabel  (6,41 > 1,66) dan nilai signifikan sebesar 0.000 < 0.05, maka hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima atau disetujui kebenarannya yaitu  pendekatan open ended efektif terhadap hasil belajar siswa materi besaran dan satuan di kelas X SMA.


 


Kata-kata kunci: Pendekatan open ended, hasil belajar


 

Article Details

Section
Articles