PENGARUH KETERAMPILAN GURU BERTANYA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PADA MATERI DASAR-DASAR AKUNTANSI DI KELAS XI SMA NEGERI 1 ANGKOLA BARAT

  • desy maharani IPTS TAPSEL
Keywords: Kata Kunci : Keterampilan Guru Bertanya, Dasar-Dasar Akuntansi

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran nyata tentang 1) Bagaimana gambaran keterampilan guru bertanya di kelas XI SMA Negeri 1 Angkola Barat, 2) Bagaimana gambaran hasil belajar ekonomi pada materi dasar-dasar akuntansi sebelum dan sesudah menggunakan keterampilan guru bertanya di kelas XI SMA Negeri 1 Angkola Barat, dan 3) Apakah ada pengaruh yang signifikan antara keterampilan guru bertanya terhadap hasil belajar ekonomi pada materi dasar-dasar akuntansi di kelas XI SMA Negeri 1 Angkola Barat. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Angkola Barat yang berjumlah sebanyak  93 orang. Selanjutnya ditetapkan sampel sebanyak 33 orang dengan cara random sampling. Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpul data adalah observasi dan tes. Dimana observasi untuk memperoleh data variabel X dan tes yaitu Hasil Belajar Ekonomi Pada Materi  Dasar-Dasar Akuntansi. Kemudian data hasil penelitian diolah dengan dua tahap dimana tahap pertama dengan analisis deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui gambaran kedua variabel penelitian.

Kemudian untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh diantara kedua variabel maka digunakan rumus uji t-tes. Dari hasil analisis data diketahui bahwa nilai rata-rata penggunaan keterampilan guru bertanya adalah 3,3 dengan kategori ”Sangat Baik”. Nilai rata-rata hasil belajar Ekonomi pada materi dasar-dasar akuntansi sebelum penggunaan keterampilan guru bertanya adalah 59,70 dengan kategori “Kurang”, dan sesudah penggunaan keterampilan guru bertanya adalah 78,03  dengan kategori “Baik”. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan diketahui thitung lebih besar dibanding ttabel yaitu (14,972 > 2,036) maka hipotesis yang ditegakkan diterima kebenarannya. Artinya “Terdapat Pengaruh Yang Signifikan Antara pengaruh keterampilan guru bertanya terhadap hasil belajar ekonomi pada materi dasar-dasar akuntansi di kelas XI SMA negeri 1 Angkola Barat.

 

 

Kata Kunci          : Keterampilan Guru Bertanya, Dasar-Dasar Akuntansi

 

Published
2021-04-27
How to Cite
maharani, desy. (2021, April 27). PENGARUH KETERAMPILAN GURU BERTANYA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PADA MATERI DASAR-DASAR AKUNTANSI DI KELAS XI SMA NEGERI 1 ANGKOLA BARAT. JURNAL MISI, 1(2), 52-60. Retrieved from https://jurnal.ipts.ac.id/index.php/MISI/article/view/746

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.