PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA DI KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 4 PADANGSIDIMPUAN
Abstract
- ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa di kelas XI Akuntansi SMK Negeri 4 Padangsidimpuan. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi kepribadian guru terhadap hasil belajar kewirausahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI Akuntansi SMK Negeri 4 Padangsidimpuan yang berjumlah sebanyak 30 orang, dengan teknik pengambilan sampel dengan menggunakan total sampling. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa diperoleh nilai rata-rata adalah 83,97 berada pada kategori “sangat baik”, sedangkan kompetensi kepribadian guru diperoleh nilai rata-rata adalah 3,24 berada pada kategori “Baik”. Untuk mengetahui hipotesis penelitian ini diterima atau tolak, maka dilakukan analisis infrensial dengan menggunakan rumus uji “t-test”. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan, diperoleh nilai “t-hitung” sebesar 5,71 bila dibandingkan dengan t-tabel adalah sebesar 2,76. Berdasarkan perhitungan di atas dapat disimpulkan bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel yakni 5,71 > 2,76. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan diterima atau disetujui kebenarannya. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi kepribadian guru terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa di kelas XI Akuntansi SMK Negeri 4 Padangsidimpuan.
Kata kunci : kompetensi kepribadian guru, hasil belajar, kewirausahaan.