PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI DAN INFLASI TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI KOTA SIBOLGA

  • yolanda christin banjar nahor IPTS TAPSEL

Abstract

Abstrak

 

Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran pertumbuhan ekonomi dan inflasi terhadap kesejahteraan masyarakat di Kota Sibolga. jenis penelitian diatas maka penulis menggunakan metode penelitian deskriptif data dan sumber data dalam penelitian kuantitatif berupa kata-kata lisan atau tertulis dari mana data dapat diperoleh. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data hasil penelitian diolah dengan tahap deskripif dan  analisis data statistik. Analisis deskriptif bertujuan untuk mengambarkan masing-masing variabel kedalam tabel distribusi kemudian dilakukan analisis, sedangkan analisis data statistik adalah kombinasi anatara dua variabel atau lebih dari dua variabel. Dari pehitungan yang diperoleh hasil uji t yang dilakukan, nilai yang dihasilkan untuk variabel pertumbuhan ekonomi sebesar 3,081. Nilai tersebut diperkuat dengan nilai probalitas yang dihasilkan sebesar 0,037  lebih kecil dari nilai probalitas α=0,005. Dan dari hasil uji t yang dilakukan, nilai yang dihasilkan untuk variabel inflasi sebesar 1.404 ( merujuk pada tabel t). nilai t lebih kecil dari nilai t tabel sebesar 2,776 dengan nilai t hitung < t tabel, maka inflasi dikatakan tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi di Kota Sibolga. Berdasarkan hasil konsultasi nilai tersebut maka hipotesis alternatif dirumuskan dalam penelitin ini diterima dan disetujui kebenaranya. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara pertumbuhan ekonomi terhadap kesejahteraan masyarakat di Kota Sibolga.  Sedangkan inflasi tidak terdapat pengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat di Kota Sibolga.

 Kata kunci: pertumbuhan ekonomi , inflasi, kesejahteraan masyarakat

Published
2022-12-21
How to Cite
nahor, yolanda christin. (2022, December 21). PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI DAN INFLASI TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI KOTA SIBOLGA. JURNAL MISI, 5(4). Retrieved from https://jurnal.ipts.ac.id/index.php/MISI/article/view/3946

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.