PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMK SWASTA HARAPAN PADANGSIDIMPUAN
Abstract
Abstract
This study aims to determine the effect of the principal's leadership on teacher performance at the SMK Swasta Harapan Padangsidimpuan. The research method used is descriptive method. The population in this study were all teachers of the SMK Swasta Harapan Padangsidimpuan, totaling 16 people. The sampling technique used a total sampling technique, namely sampling using all populations, so that the population and sample are the same Data collection techniques used are questionnaires and documentation. The data analysis technique used descriptive analysis and inferential analysis. Based on the results of the analysis obtained that tcount is 2.209 while ttable is 1.761 (2.209 > 1.761) so it can be concluded that it does not reject the significant influence of principal’s leadership on teacher performance at SMK Swasta Harapan Padangsidimpuan.
Keywords : Principal’s Leadership, Teacher Performance
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMK Swasta Harapan Padangsidimpuan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMK Swasta Harapan Padangsidimpuan yang berjumlah 16 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling, yaitu pengambilan sampel dengan menggunakan semua populasi, sehingga populasi dan sampel sama. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil analisis diperoleh thitung sebesar 2,209 sedangkan ttabel sebesar 1,761 (2,209 > 1,761) sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMK Swasta Harapan Padangsidimpuan.
Kata Kunci : Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru