PENGARUH KETERAMPILAN GURU DALAM MEMBERIKAN PENGUATAN TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI DASAR PADA MATERI JURNAL UMUM DI KELAS X AKUNTANSI SMK SWASTA HARAPAN PADANGSIDIMPUAN
Abstract
Abstract
This study aims to determine whether there is a significant effect between teacher skills in providing improvements to basic accounting learning outcomes in general journal material in class X SMK Swasta Harapan Padangsidimpuan.This research was conducted using an experimental method. The population of this research is one class, namely class X Accounting which collects 25 students. The data collection method used was observation for the independent variables and tests for the specified variables. Furthermore, the research data is processed in two stages, namely the descriptive analysis stage and inferential statistical analysis.The results based on the research conducted, it is known that the description of the use of teacher skills in providing reinforcement in class X SMK Swasta Harapan Padangsidimpuan is in the very good category with an average score of 3.68. While the description of basic accounting learning outcomes in general journal materials before the use of teacher skills in providing reinforcement in class X SMK Swasta Harapan Padangsidimpuan obtained an average value of 52.8 in the less category while learning outcomes in basic accounting in general journal materials in class X Private Vocational Schools Padangsidimpuan's expectations before using teacher skills in increasing the average score of 83.4 are in the very good category. results Based on the hypothesis test conducted through the processed data SPSS V.22, the tcount value is 9.876 and the ttable is 1.711, so 9.876> 1.71. So it can be said that the alternative hypothesis formulated in this study was accepted, meaning "There is a significant influence between the influence of teacher skills in improving basic accounting learning outcomes on general journal material in class X SMK Swasta Harapan Padangsidimpuan".
Keywords: Teacher Skills in Providing Reinforcement, General Journal
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara keterampilan guru dalam memberikan peningkatan hasil belajar akuntansi dasar pada materi jurnal umum pada siswa kelas X SMK Swasta Harapan Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah satu kelas yaitu kelas X Akuntansi yang berjumlah 25 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi terhadap variabel bebas dan tes terhadap variabel tertentu. Selanjutnya data penelitian diolah dalam dua tahap, yaitu tahap analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa gambaran penggunaan keterampilan guru dalam memberikan penguatan pada siswa kelas X SMK Swasta Harapan Padangsidimpuan berada pada kategori sangat baik dengan skor rata-rata 3,68. Sedangkan gambaran hasil belajar akuntansi dasar pada materi jurnal umum sebelum penggunaan keterampilan guru dalam memberikan penguatan pada siswa kelas X SMK Swasta Harapan Padangsidimpuan diperoleh nilai rata-rata 52,8 pada kategori kurang sedangkan hasil belajar akuntansi dasar pada materi jurnal umum di kelas Harapan SMK Swasta X Padangsidimpuan sebelum menggunakan keterampilan guru dalam meningkatkan nilai rata-rata 83,4 berada pada kategori sangat baik. Hasil Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan melalui olah data SPSS V.22 diperoleh nilai thitung sebesar 9,876 dan ttabel sebesar 1,711, sehingga 9,876 > 1,71. Sehingga dapat dikatakan bahwa hipotesis alternatif yang dirumuskan dalam penelitian ini diterima, artinya “Ada pengaruh yang signifikan antara pengaruh keterampilan guru dalam meningkatkan hasil belajar akuntansi dasar pada materi jurnal umum siswa kelas X SMK Swasta Harapan Padangsidimpuan”.
Kata kunci: Keterampilan Guru dalam Memberikan Penguatan, Jurnal Umum