PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI DI KELAS X AKUNTANSI SMK SWASTA MADUMA

  • kristina kristini susanti waruwu IPTS TAPSEL

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan, 1) Untuk mengetahui gambaran motivasi belajar di kelas X Akuntansi SMK Swasta Maduma, 2) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar pada materi persamaan dasar akuntansi di kelas X Akuntansi SMK Swasta Maduma, dan 3) Untuk melihat apakah terdapat pengaruh yang positif antara motivasi belajar terhadap hasil belajar pada materi persamaan dasar akuntansi di kelas X Akuntansi SMK Swasta Maduma. Metode Penelitian peneliti yaitu  metode kuantitatif.  Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif. Populasi 33 orang siswa. Sampel 33 orang. instrumen penelitian bentuk multiple choice. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Dari perhitungan yang dilakukan diperoleh thitung= 2,981 nilai dibandingkan dengan ttabel pada tingkat kepercayaan 95% atau tingkat kesalahan 5% dengan derajat kebebasan (db) = N - 2 = 33 – 2 = 31 maka diperoleh nilai ttabel sebesar 1,696. Berdasarkan perbandingan antara thitung dengan ttabel terlihat bahwa thitung lebih besar dibandingkan ttabel (2,981> 1,696). Berdasarkan hasil konsultasi nilai tersebut maka hipotesis alternatif yang dirumuskan dalam penelitian ini diterima atau disetujui kebenarannya. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar akuntansi materi persamaan dasar akuntansi  di kelas X SMK Swasta Maduma.

 

Kata kunci: pengaruh, motivasi, belajar, hasil, persamaan dasar akuntansi

 

Abstract

This study aims, 1) To find out the description of learning motivation in class X Accounting at SMK Swasta Maduma, 2) To find out the description of learning outcomes in the basic accounting equation material in class X Accounting at SMK Swasta Maduma, and 3) To see whether there is a positive influence between learning motivation on learning outcomes in the basic accounting equation material in class X Accounting at Maduma Private Vocational School. The research method of the researcher is the quantitative method. The research method used is descriptive method. Population 33 students. Sample 33 people. research instrument in the form of multiple choice. Data collection techniques using questionnaires and tests. From the calculations carried out, it was obtained that tcount = 7.52 value compared to ttable at 95% confidence level or 5% error rate with degrees of freedom (db) = N - 2 = 33 - 2 = 31 then obtained ttable value of 1.696. Based on the comparison between tcount and ttable, it can be seen that tcount is greater than ttable (7, > 1,696). Based on the results of the value consultation, the alternative hypotheses formulated in this study are accepted or approved. This means that there is a significant influence between learning motivation on learning outcomes in accounting for basic accounting equations in class X of Maduma Private Vocational School.

 

Keywords: influence, motivation, learning, results, basic accounting equations

Published
2022-12-21
How to Cite
waruwu, kristina. (2022, December 21). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI DI KELAS X AKUNTANSI SMK SWASTA MADUMA. JURNAL MISI, 5(4). Retrieved from https://jurnal.ipts.ac.id/index.php/MISI/article/view/3882

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.