PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA MATA KULIAH PENGANTAR EKONOMI-1 SEMESTER I PRODI PENDIDIKAN EKONOMI DI INSTITUT PENDIDIKAN TAPANULI SELATAN

  • Herman Gulo ipts
Keywords: Pengaruh, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui gambaran motivasi belajar. 2) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar mahasiswa mata kuliah pengantar ekonomi-1. 3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh segnifikan antara motivasi balajar terhadap hasil belajar mahasiswa mata kuliah pengantar ekonomi-1 semester I prodi pendidikan ekonomi di institut pendidikan tapanuli selatan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 46 orang mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling sebanyak 46 orang mahasiswa. instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. , analisis data menggunakan analisis deskriptif dan statistic infrensial. Nilai rata-rata motivasi belajar sebesar 3,93 berada pada kategori “baik”. Nilai rata-rata hasil belajar mahasiswa sebesar 83 berada pada kategori “sangat baik”. Berdasarkan analisis nilai uji t=1,820 dan nilai sig=0,076 pada taraf kepercayaan 95% atau tingkat kesalahan 5%=0,05. Dengan demikian maka dapat diketahui bahwa niai Sig. lebih besar dari α = 0,05 (0,076< 0,05). Artinya Tidak Terdapat Pengaruh Yang Signifikan AntaraMotivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Ekonomi-1 Semester I Prodi Pendidikan Ekonomi Di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan.

Published
2022-08-22
How to Cite
Gulo, H. (2022, August 22). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA MATA KULIAH PENGANTAR EKONOMI-1 SEMESTER I PRODI PENDIDIKAN EKONOMI DI INSTITUT PENDIDIKAN TAPANULI SELATAN. JURNAL MISI, 5(2). Retrieved from https://jurnal.ipts.ac.id/index.php/MISI/article/view/3264

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.