PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA MATA KULIAH PENGANTAR EKONOMI-1 SEMESTER I PRODI PENDIDIKAN EKONOMI DI INSTITUT PENDIDIKAN TAPANULI SELATAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui gambaran motivasi belajar. 2) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar mahasiswa mata kuliah pengantar ekonomi-1. 3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh segnifikan antara motivasi balajar terhadap hasil belajar mahasiswa mata kuliah pengantar ekonomi-1 semester I prodi pendidikan ekonomi di institut pendidikan tapanuli selatan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 46 orang mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling sebanyak 46 orang mahasiswa. instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. , analisis data menggunakan analisis deskriptif dan statistic infrensial. Nilai rata-rata motivasi belajar sebesar 3,93 berada pada kategori “baik”. Nilai rata-rata hasil belajar mahasiswa sebesar 83 berada pada kategori “sangat baik”. Berdasarkan analisis nilai uji t=1,820 dan nilai sig=0,076 pada taraf kepercayaan 95% atau tingkat kesalahan 5%=0,05. Dengan demikian maka dapat diketahui bahwa niai Sig. lebih besar dari α = 0,05 (0,076< 0,05). Artinya Tidak Terdapat Pengaruh Yang Signifikan AntaraMotivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Ekonomi-1 Semester I Prodi Pendidikan Ekonomi Di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan.