CARA BELAJAR SISWA BERPRESTASI DI SMA NEGERI 1 ARSE
Abstract
Abstrak
Dalam kegiatan proses belajar mengajar disekolah, siswa dituntut untuk menguasai tujuan pembelajaran yang diberikan oeleh guru. Namun tidak semua siswa dapat mencapai hasil belajar yang optimal seperti yang telah direncanakan dalam tujuan pembelajaran.. Pada dasarnya setiap siswa mempunyai cara belajar siswa yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainya. Perbedaan cara belajar siswa bisa menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar atau prestasi siswa di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis cara belajar siswa berprestasi dalam meningkatkan hasil belajar di kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 1 Arse Tahun ajaran 2018/2019. Sasaran penelitian ini adalah tiga siswa berprestasi dan tiga siswa kurang berprestasi di kelas XI IPS 1. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif, sedangkan metode proses pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian cara belajar siswa berprestasi adalah cara membuat jadwal dan pelaksanaanyayang telah ditetapkan tiap hari dan dilaksanakan sesuai jadwal yang dibuat, membaca dan membuat catatan dalam proses belajar mengajar agar dapat di ulang kembali dirumah, mengulang kembali pelajaran yang telah dipelajari disekulah agar lebih mengetahui hasil yang optimal, konsentrasi pada saat belajar, dan mengerjakan tugas-tugas yang telah diberikan oleh guru dengan tepat waktu. Hal ini menunjukkan bahwa jika siswa tersebut memiliki cara belajar yang baik maka perstasi yang didapat akan baik juga.
Kata Kunci: cara Belajar, Berprestasi
Abstract
In teaching and learning activities taught at school, students are required to master the learning objectives given by the teacher. However, not all students can achieve optimal learning outcomes as determined in learning, in the end, making all students have a way of learning that varies from one another student learning or achievement at school. The purpose of this study was to analyze the way of learning of outstanding students in improving learning outcomes in class XI IPS 1 in SMA Negeri 1 Arse in the academic year 2018/2019. The purpose of this study is three high achieving students and three underachieving students in class XI IPS 1. This research method is a qualitative method, while the data collection method is carried out using interviews, observation, and implementation. The results of research on how students' learning achievement is how to make a schedule and implementation that has been determined every day and carried out according to the schedule made, read and take notes in the teaching and learning process so that it can be repeated at home, reopening the translation that has been done is stored in order to find optimal results , concentrate on learning, and do the tasks given by the teacher in a timely manner. This shows that the student has a good way of learning, the persuasion obtained will also be good.
Keywords: Learning methods, Achievement