PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA PADA MATERI LAPORAN KEUANGAN DI KELAS XI SMK NEGERI 1 PORTIBI
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar akuntansi siswa pada materi laporan keuangan di kelas XI SMK Negeri 1 Portibi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Analisis data dengan analisis data deskriptif dan analisis ststistik inferensial. Berdasarkan analisis nilai rata-rata kecerdasan emosional sebesar 2,73 berada pada kategorin “Baik”. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar akuntansi siswa pada materi laporan keuangan di kelas XI SMK Negeri 1 Portibi yaitu 80 berada pada kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil Output Softwere SPSS 25tabel model summary diperoleh indeks koelasi 0,647dengan nilai signifikan 0,001. Sementara taraf signifikan yang di tetapkan adalah 5% atau 0,05. Maka dapat diketahui bahwa nilai signifikan lebih kecil dari α (0,001< 0,05). Kemudian uji tnilai = 3,975 bila di bandingkan dengan pada tingkat kepercayaan 95% dan kesalahan 5% dengan derajat kebebasan (dk) = 24-2 = 22. dengan derajat kesalahan 5% sedangkan pengujian dilakukan dengan menggunakan uji coefficients dan di dapat uji t sebesar 3,975, yang berarti bahwa Ha di terima dan Ho di tolak (signifikan di bawah atau sama dengan 0,005 maka Ha di terima). dengan demikian, hipotesis yang di ajukan diterima atau di setujui kebenarannya. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar akuntansi siswa pada materi laporan keuangan di kelas XI SMK Negeri 1 Portibi.
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar Siswa Akuntansi Materi Laporan Keuangan.
Abstract
This study aims to know whether there is a significant influence of emotional intelligence on students’ achievement in report finance at the eleventh grade students of SMK Negeri 1 Portibi. The research was conducted by applying descriptive quantitative (correlational design) with 24 students as the sample and they were taken by using total sampling technique. Questionnaire and test were used in collecting the data. Based on descriptive analysis, it could be found (a) the average of emotional intelligence was 2.73 (good category) and (b) the average of students’ achievement in report finance was 80 (very good category). Furthermore, based on inferential statistic by using r product moment (SPSS version 25), the result showed the significant value was less than 0.05 (0.001<0.05). It means, there is a significant influence of emotional intelligence on students’ achievement in report finance at the eleventh grade students of SMK Negeri 1 Portibi.
Keywords: emotional intelligence, report finance