PENGARUH PROFESIONALISME GURU TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh profesionalisme guru terhadap hasil belajar ekonomi di kelas XI IPS SMA Negeri 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Padangsidimpuan selama ± 3 bulan yaitu mulai dari bulan Mei - Juli 2019, mulai pengambilan data sampai pengolahan hasil penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Padangsidimpuan sebanyak 2 kelas yang berjumlah 70 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif yakni untuk mengetahui gambaran profesionalisme guru terhadap hasil belajar Ekonomi. Teknik pengumpulan data yaitu angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil perhitungan analisis deskriptif nilai rata-rata profesionalisme guru mencapai nilai rata-rata 79,14 yang termasuk dalam kategori “Baik”. Hasil belajar Ekonomi siswa mencapai nilai rata-rata 88,91 yang termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil penelitian pengolahan statistik diperoleh data Profesionalisme Guru terhadap Hasil Belajar Ekonomi di Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Padangsidimpuan sebagai berikut: Dengan hasil perhitungan data diperoleh nilai thitung 2,953 dan t tabel sebesar 1,668 atau 2,953> 1,668. Hal ini bermakna bahwa secara parsial variabel bebas Profesionalisme Guru (X) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar ekonomi di Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Padangsidimpuan.
Kata-kata Kunci : Profesionalisme Guru, Hasil Belajar, Pelajaran Ekonomi