UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DI SEKOLAH DASARNEGERI341BATAHAN
Abstract
Hasil observasi proses pembelajaran ditemukan indikasi antara lain; 1) pembelajaran masih bersifat individual, 2) proses pembelajaran dilaksanakan secara terpisah-pisah dengan arti kata belum tematik. 3) masih ada jadwal pembelajaran untuk satu minggu, 4) peserta didik tidak percaya diri untuk mengungkapkan pendapatnya, 5) dalam menyajikan materi pembelajaran guru jarang menggunakan media. Permasalahan ini perlu segera diatasi, model pembelajaran kooperatif tipe STAD, mengutamakan pembelajaran berkelompok, diskusi dan kerjasama. Membuat peserta didik bisa mengembangkan keterampilan sosial yang bermanfaat bagi kehidupan peserta didik dimasa yang akan datang. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learningtipe STAD di kelas III Sekolah Dasar Negeri 341 Batahan.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan empat tahapan dilalui yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian ini yaitu aktivitas siswa siklus I pertemuan 1 memperoleh persentase 66,66% dengan kualifikasi baik dan pertemuan 2 meningkat menjadi 75%, sedangkan siklus II pertemuan 1 memperoleh persentase 75% dengan kualifikasi baik sekali, mengalami peningkatan menjadi 91,66% dengan kualifikasi baik sekali. Hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 341 Batahan pada siklus I nilai rata-rata yaitu62,5, Pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 70